Cara Melakukan Impor Foto ke Lightroom

Langkah 5: Mengatur pilihan pada panel File Handling

Pada panel File Handling, kita akan membahas pengaturan pada Build Previews, Build Smart Previews, Don’t Import Suspected Duplicates, Make a Second Copy To, dan Add to Collection.
import-9

Build Previews
build previews-1

Berikut penjelasan tentang beberapa pilihan pada panel Build Previews:

Minimal
Mengimpor foto dengan menyimpan kualitas preview seminimal mungkin. Waktu yang dibutuhkan dalam melakukan impor foto akan menjadi lebih cepat, namun setiap kali memperbesar atau memperkecil preview foto akan membutuhkan waktu loading yang lebih lama.

Embedded & Sidecar
Mengimpor foto dengan kualitas preview JPEG resolusi rendah. Namun, pada saat memperbesar foto, kualitas preview-nya akan terlihat seperti resolusi tinggi.

Standard
Mengimpor foto dengan kualitas preview JPEG resolusi tinggi. Waktu yang dibutuhkan dalam mengimpor foto akan menjadi lebih lama.

1:1
Mengimpor foto dengan menyimpan kualitas preview sesuai dengan kualitas aktual foto. Tidak memerlukan waktu tunggu (loading) pada saat memperbesar atau memperkecil preview foto, namun membutuhkan waktu impor yang cukup lama.

Saya biasanya menggunakan pilihan Minimal karena dengan kecepatan prosesor komputer sekarang sesungguhnya hampir tidak memerlukan waktu tunggu ketika memperbesar atau memperkecil preview foto.

Build Smart Previews
Bila pilihan Build Smart Previews dicentang, maka Anda bisa melakukan pengeditan pada Lightroom tanpa harus terkoneksi dengan hard drive yang menyimpan semua foto. (Baca: Mengenal Smart Previews pada Lightroom)

Don’t Import Suspected Duplicates
Bila Anda mengaktifkan fitur ini, maka Lightroom akan mengenali dan mencegah impor untuk foto yang sudah pernah diimpor sebelumnya.

Make a Second Copy To:
Anda bisa melakukan back up semua foto yang diimpor dalam Lightroom ke hard drive yang berbeda. Saya tidak menyarankan pilihan ini karena ketika menghapus foto pada Lightroom, maka Anda tidak bisa menghapus foto back up secara otomatis.  (Baca: Memilih Tempat Penyimpanan Foto)

Add to Collection
Menambahkan foto yang diimpor ke dalam Collection. Saya akan bahas tentang Collection pada posting berikutnya.

Related Post