Cara Melakukan Impor Foto ke Lightroom

Langkah 4: Memilih folder tujuan penyimpanan foto

Secara default, Lightroom akan memilih drive pada komputer sebagai folder tujuan untuk menyimpan foto. Untuk mengubahnya, klik tombol tanda panah di samping nama drive komputer, kemudian klik Other Destination seperti tampak pada gambar dan pilih drive yang diinginkan. Saya menyarankan untuk menggunakan hard drive eksternal. (Baca: Memilih Tempat Penyimpanan Foto).
import-6

Pilih folder tujuan sesuai dengan kategori pemotretan. Misalnya saya memotret aktivitas nelayan di pulau Bangka, maka saya memilih folder Culture & Daily Life.
import-11d

Selanjutnya pada panel Destination, Anda bisa menambahkan subfolder dalam folder kategori pemotretan. Misalnya subfolder Bangka ditambahkan dalam folder Culture & Daily Life. Selanjutnya, pada Organize pilih Into one folder.
import-12b

Agar Lightroom hanya menampilkan folder yang digunakan sebagai tujuan penyimpanan foto pada panel Destination, klik tanda tambah (+) di sebelah kiri dan klik Affected folders only. Sekarang tampilan panel Destination menjadi lebih ringkas seperti tampak pada gambar di bawah.
import-12a   import-12c

Bila memotret event yang sama selama beberapa hari menggunakan memory card yang sama, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan folder dalam format tanggal ke dalam subfolder.

Seperti yang tampak pada gambar di bawah, pada Organize pilih By date dan pilih Date Format sesuai dengan format tanggal yang diinginkan. Lightroom secara otomatis akan mengelompokkan foto berdasarkan tanggal pemotretan. Sebagai contoh pada tanggal 21 Mei 2015 ada pemotretan sebanyak 429 foto.
import-12

Related Post