Mengatur White Balance Menggunakan Gray Card

Sebelum saya membahas tentang cara mengatur white balance menggunakan gray card, pastikan Anda sudah membaca artikel mengenai white balance dan cara pengaturannya (Baca: Mengatur White Balance pada Foto).

Pada dasarnya gray card digunakan untuk menetralisir white balance sehingga mendapatkan warna yang natural dan akurat pada foto. Ini adalah cara yang paling akurat dan sangat mudah. Pengaturan white balance dengan menggunakan gray card bisa dilakukan pada kamera atau aplikasi pengolah digital seperti Lightroom. Jadi tidak perlu khawatir bila Anda menggunakan kamera yang belum memiliki fitur untuk mengatur white balance karena Anda bisa melakukan pengaturannya pada saat pengeditan foto.

preview

Mengatur White Balance Menggunakan Kamera

  1. Potret 1 foto dengan gray card berada di dekat objek. Selanjutnya pilih Custom White Balance pada pengaturan kamera seperti tampak pada gambar di bawah. Saya mengambil contoh pengaturan white balance menggunakan kamera Canon. Anda harus mencari tahu sendiri apakah kamera yang Anda gunakan sudah mendukung pengaturan Custom White Balance.
    wb-11

  2. Pilih foto dengan gray card di dalamnya. Saya memotret dengan meletakkan gray card di depan truk mainan seperti tampak pada gambar di bawah. Selanjutnya pilih tombol Set pada kamera.
    wb-12

  3. Pilih tombol OK ketika muncul pertanyaan Use WB data from this image for Custom WB seperti tampak pada gambar di bawah.
    wb-13

  4. Pada kamera akan muncul pemberitahuan bahwa custom white balance sudah berhasil diatur dan pilih OK.
    wb-14

  5. Pilih menu White balance seperti tampak pada gambar di bawah.
    wb-15

  6. Pilih ikon dengan teks Custom.
    wb-16

  7. Sekarang White balance pada kamera sudah menggunakan pengaturan Custom White Balance.
    wb-17

  8. Cobalah untuk melakukan pemotretan dan Anda akan melihat warna pada foto sudah mengikuti pengaturan white balance dengan warna yang lebih natural dan akurat.
    wb-17

 

Mengatur White Balance Menggunakan Lightroom

  1. Setiap kali memulai sesi pemotretan pastikan Anda memotret objek foto dengan gray card berada di dekatnya terlebih dahulu. Pada contoh kali ini saya memotret truk mainan yang terdiri dari 1 foto dengan gray card di dalamnya dan 3 foto lainnya.
    wb-6

  2. Pilih foto dengan gray card di dalamnya dan pilih white balance selector seperti tampak pada gambar di bawah.
    wb-1

  3. Arahkan white balance selector dan klik pada gray card seperti tampak pada gambar di bawah.
    wb-2

  4. Sekarang warna foto terlihat lebih natural dan akurat seperti tampak pada gambar di bawah.
    wb-3

  5. Sinkronisasi white balance pada 3 foto lainnya dengan memilih tombol Sync… seperti tampak pada gambar di bawah.
    wb-4

  6. Sekarang ketiga foto lainnya sudah menggunakan pengaturan white balance yang sama.
    wb-5

RelatedPost