Mengelompokkan Foto

Mengelompokkan Foto pada Grid

Mengelompokkan foto merupakan salah satu cara dalam mengorganisasi foto pada Lightroom untuk mempermudah Anda dalam menyortir foto. Ada banyak cara dalam mengelompokkan foto misalnya dengan menggunakan collection atau stack. (Baca: Mengenal dan Menggunakan Collection pada Lightroom)

Stack bila diterjemahkan berarti tumpukan. Anda bisa bisa mengelompokkan foto pada Grid menggunakan stack dengan seolah-olah menumpuk beberapa foto tersebut. Berbeda dengan collection yang mengelompokkan foto seperti cara kerja folder, stack hanya mengelompokkan foto untuk menyederhanakan tampilan pada Grid saja.

Anda bisa menggunakan dan memanfaatkan stack bila mempunyai beberapa foto dengan pose atau gaya serupa. Pada gambar di bawah, saya mempunyai beberapa foto kupu-kupu dan capung dengan pose serupa. Saya tidak perlu melihat foto dengan pose yang serupa satu per satu, oleh karena itu saya akan mengelompokkannya ke dalam beberapa stack.

stack-1

Mengelompokkan Foto ke dalam Stack

  1. Pilih beberapa foto yang ingin dikelompokkan dalam satu grup atau stack. Misalnya saya ingin mengelompokkan 3 foto kupu-kupu dengan pose yang serupa. Anda bisa melakukannya dari Grid maupun Filmstrip seperti tampak pada gambar di bawah.
    stack-2

  2. Klik kanan pada salah satu foto tersebut dan selanjutnya pilih Stacking -> Group into Stack. Anda juga bisa mengelompokkan foto dengan menekan tombol Command+G (PC: Ctrl+G) pada keyboard.
    stack-3

  3. Beberapa foto yang dipilih akan dikelompokkan ke dalam grup atau stack. Pada pojok kiri atas foto pada Grid akan ditampilkan angka yang menunjukkan banyaknya jumlah foto dalam suatu stack seperti tampak pada gambar di bawah.stack-4

Menambahkan Foto pada Stack

  1. Untuk menampilkan semua foto yang dikelompokkan pada suatu grup atau stack maka klik angka pada pojok kiri atas foto. Bila Anda mengarahkan kursor pada suatu foto yang merupakan bagian dari suatu stack maka akan ditampilkan urutan foto tersebut dari jumlah semua foto pada stack. Foto kupu-kupu seperti tampak pada gambar di bawah menunjukkan bahwa foto tersebut berada pada urutan kedua dari tiga foto yang dikelompokkan dalam stack.
    stack-5

  2. Anda bisa menambahkan satu atau beberapa foto sekaligus ke dalam stack yang sudah ada dengan cukup mudah. Pilih foto yang ingin ditambahkan pada suatu stack dan selanjutnya tarik dan arahkan kursor pada foto yang merupakan bagian dari stack tersebut.
    stack-6

  3. Sekarang foto tersebut sudah ditambahkan pada stack. Jumlah foto pada stack bertambah menjadi 4 seperti tampak pada gambar di bawah.
    stack-7

 

Mengubah Urutan Foto pada Stack

Foto yang ditempatkan di urutan pertama dalam suatu stack akan secara otomatis dipilih menjadi thumbnail pada Grid. Jadi bila Anda menginginkan suatu foto tertentu menjadi thumbnail suatu stack maka Anda harus memindahkan urutannya menjadi yang pertama.

  1. Pada gambar di bawah saya ingin mengganti thumbnail stack dengan foto yang berada pada urutan kedua.
    stack-7

  2. Pilih dan klik kanan pada foto tersebut dan selanjutnya pilih Stacking -> Move to Top of Stack. Anda juga bisa menarik foto tersebut ke arah foto di urutan pertama pada stack.
    stack-8

  3. Foto yang Anda tempatkan pada urutan pertama stack akan secara otomatis ditampilkan sebagai thumbnail stack pada Grid seperti tampak pada gambar di bawah.
    stack-9

 

Menghapus Foto pada Stack

Untuk menghapus satu atau beberapa foto pada stack maka klik kanan pada foto tersebut dan pilih Stacking -> Remove from Stack seperti tampak pada gambar di bawah. Pilihan ini hanya menghapus foto dari stack saja dan tidak menghapus foto dari katalog dan hard disk.stack-10

Menggunakan Auto-Stack

Lightroom bisa mengelompokkan foto yang serupa secara otomatis berdasarkan durasi pada saat pemotretan. Sebagai contoh Anda memotret seorang model dengan pose serupa selama 5 menit maka anda dapat mengelompokkan foto-foto tersebut ke dalam suatu stack dengan menggunakan Auto-Stack dan mengatur durasinya menjadi 5 menit.

  1. Pilih dan klik kanan pada foto mana saja pada Grid dan selanjutnya pilih Stacking -> Auto-Stack by Capture Time… seperti tampak pada gambar di bawah.
    stack-11

  2. Pilih durasi yang diinginkan untuk mengelompokkan foto berdasarkan waktu pemotretan dengan cara menggeser slider ke kiri atau kanan. Misalnya Anda bisa mencoba dengan memilih waktu 10 menit seperti tampak pada gambar di bawah. Dengan memilih durasi waktu 10 menit maka foto-foto pada Grid akan dikelompokkan ke dalam 5 stack.
    stack-12

    Selain itu Anda juga bisa melihat bahwa stack pertama akan memiliki 6 foto, stack kedua memiliki 3 foto, dan seterusnya. Bila Anda mengubah durasi waktu menjadi lebih pendek maka besar kemungkinannya Anda akan memiliki lebih banyak stack lagi.

  3. Pada stack pertama yang mempunyai 6 foto di dalamnya, Anda menemukan 3 foto dengan pose yang tidak serupa. Anda bisa memisahkan foto-foto tersebut ke dalam stack yang baru. Pilih dan klik kanan pada ketiga foto tersebut dan selanjutnya pilih Stacking -> Split Stack.
    stack-13

  4. Sekarang stack yang tadinya terdiri dari 6 foto sudah dipisahkan ke dalam 2 stack yang masing-masing memiliki 3 foto di dalamnya seperti tampak pada gambar di bawah.
    stack-13b

  5. Untuk menampilkan semua foto dalam stack maka Anda bisa melakukan klik kanan pada foto dan selanjutnya pilih Stacking -> Expand All Stacks. Sebaliknya bila Anda hanya ingin melihat tampilan stack berupa thumbnail-nya saja maka klik kanan pada foto dan pilih Stacking -> Collapse All Stacks seperti tampak pada gambar di bawah.
    stack-14

  6. Semua foto pada Grid yang sudah dikelompokkan dalam stack hanya akan menampilkan thumbnail seperti tampak pada gambar di bawah.
    stack-15

RelatedPost