Retouch Cepat pada Foto Portrait

Retouch Cepat pada Foto Portrait

Retouching merupakan istilah populer terutama dalam fotografi portrait yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas foto. Hampir semua fotografer melakukan retouching dan tidak ada aturan yang benar-benar baku dalam melakukannya. Namun ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk melakukan retouch cepat pada foto portrait.

Cara retouch yang tepat juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas foto dan hindari melakukannya secara berlebihan karena bisa mengakibatkan foto malah terlihat ‘lebay’. Oleh karenanya Anda perlu melakukan retouch secara bertahap terutama untuk bagian wajah.

Retouch pada wajah dapat dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu menghilangkan flek, menghilangkan atau mengurangi kerutan, menghaluskan kulit, mempertajam mata, memutihkan gigi, dan menambahkan highlight pada rambut.

Retouch Cepat pada Foto Portrait

Saya biasanya menggunakan Photoshop untuk melakukan retouching yang sangat detail dan menyeluruh. Namun untuk retouch cepat pada foto portrait, saya menggunakan fitur yang tersedia pada Lightroom untuk mendapatkan hasil yang bagus. (Baca: Lightroom vs Photoshop: Mana yang Harus Dipilih oleh Fotografer?) Bagi Anda yang lebih menyenangi tutorial dalam bentuk video, saya akan membagikan link-nya pada bagian akhir artikel ini.

Untuk mendapatkan warna yang tepat pada foto dan memudahkan proses retouching, pastikan mengatur white balance terlebih dahulu. (Baca: Mengatur White Balance pada Foto)  

Menghilangkan Flek

Kita akan memulai proses retouching dengan menghilangkan flek dan semua bintik-bintik kecil pada wajah termasuk tahi lalat dan jerawat.

  1. Klik Spot Removal tool di bawah panel Histogram seperti tampak pada gambar di bawah. Anda juga bisa menggunakan tombol Q pada keyboard untuk mengaktifkan Spot Removal tool. Pastikan Anda menggunakan pilihan Heal untuk tipe Brush.
    retouch-1

  2. Perbesar tampilan foto dengan memilih rasio 1:1 atau 1:2 pada panel Navigator. Anda akan melihat jerawat yang terletak di bawah bibir seperti tampak pada foto di bawah. Untuk menghilangkannya, sesuaikan ukuran Spot Removal tool dan klik pada jerawat tersebut.
    retouch-2

  3. Spot Removal tool akan menggunakan tekstur area terdekat yang ditunjukkan dengan lingkaran kedua untuk menghilangkan dan membersihkan area jerawat. Anda bisa menggeser area tersebut untuk mendapatkan tekstur yang paling tepat.
    retouch-3

    Pilihan Clone akan mengganti area jerawat dengan menggunakan pixel yang sama persis dengan area terdekat. Sedangkan pilihan Heal akan mengganti area jerawat dengan hanya menggunakan tekstur dari area terdekat dan menyesuaikan warnanya dengan area jerawat. Hal ini yang menjadi alasan mengapa Anda harus menggunakan pilihan Heal.

  1. Lakukan hal yang sama untuk menghilangkan beberapa tahi lalat di bawah leher seperti tampak pada gambar di bawah. Bila Anda ingin menghapus area yang menggunakan Spot Removal tool, klik pada pin di area lingkaran tersebut dan tekan tombol Delete pada keyboard.
    retouch-4

  2. Pada gambar di bawah Anda bisa melihat perbandingan foto sebelum dan setelah beberapa tahi lalat dan jerawat dihilangkan. (Baca: Membandingkan Foto Sebelum dan Setelah Diedit)
    retouch-5

RelatedPost