Cara Melakukan Impor Foto ke Lightroom

Melakukan impor foto ke Lightroom akan menjadi hal rutin yang harus Anda lakukan sebelum melakukan pengeditan. Namun, sebelumnya ada beberapa hal terkait pengaturan yang perlu diketahui.

STRUKTUR FOLDER

Saya sangat menyarankan agar Anda membuat satu single folder untuk menampung semua file Lightroom dan foto. Misalnya folder utama adalah Lightroom, kemudian di dalamnya dibuat lagi folder Catalog dan Lightroom Photos. Folder Catalog akan digunakan untuk menyimpan file catalog Lightroom, sementara folder Lightroom Photos untuk menyimpan semua foto yang sudah diimpor. Dalam folder Lightroom Photos, Anda bisa membuat lagi berbagai folder berdasarkan kategori pemotretan. Misalnya Advertising, Animal & Wildlife, Architecture, Children, dan sebagainya (lihat contoh pada gambar).
import-1

Mungkin Anda akan bertanya mengapa kita masih perlu mengorganisasi folder dengan terstruktur. Bukankah Lightroom sudah memilki fitur canggih dalam melakukan pencarian dan mengorganisasi foto? Penting untuk Anda ketahui bahwa dengan mengorganisasi foto terlebih dahulu akan membuat penggunaan Lightroom menjadi jauh lebih mudah. Bahkan bila sedang tidak menggunakan Lightroom, Anda tetap bisa melakukan pencarian foto berdasarkan struktur folder yang telah dibuat sebelumnya.

RelatedPost