Mengubah Warna Tertentu pada Foto

Memperbaiki dan Mengubah Warna Tertentu pada Foto

Kadang kala ada beberapa bagian atau objek tertentu saja dalam foto yang ingin Anda perbaiki atau ubah warnanya. Hai itu bisa disebabkan karena warna pada objek tersebut memang sudah pudar seperti yang terjadi pada dinding bangunan atau kendaraan. Bisa juga karena keterbatasan kemampuan kamera dalam menangkap warna dibandingkan mata manusia seperti warna langit. Beruntungnya Anda bisa memperbaiki dan mengubah warna tertentu pada foto tersebut dengan cukup mudah.

Pada Lightroom Anda bisa menggunakan fitur HSL pada pada panel HSL / Color / B & W untuk memperbaiki dan mengubah warna pada foto serta membuat warna menjadi lebih kuat dan terang. HSL merupakan singkatan dari Hue, Saturation dan Luminance. Hue berfungsi untuk mengubah suatu warna menjadi warna terdekat lainnya. Misalnya Anda bisa mengubah warna merah secara langsung menjadi oranye atau pink, tapi tentunya tidak bisa menjadi hitam. Saturation digunakan untuk membuat warna menjadi lebih kuat atau sebaliknya menjadi lebih pudar. Misalnya membuat warna merah menjadi lebih merah atau kuning menjadi lebih kuning. Luminance berfungsi untuk membuat warna lebih terang atau gelap.

Menggunakan HSL

Saya akan menerapkan dan mencontohkan penggunaan HSL pada foto di bawah. Foto lampu hias dari kayu tersebut mempunyai warna merah yang sedikit usang dan memudar. Sekarang kita akan menggunakan HSL untuk memperbaiki warna dan membuat foto agar tampak lebih menarik.
warna-1

  1. Pada panel HSL / Color / B & W, klik teks HSL. Selanjutnya akan ditampilkan pilihan Hue, Saturation, Luminance, dan All.
    warna-2

    Klik teks Hue dan geser slider Red ke sebelah kiri untuk membuat warna menjadi pink dengan nilai -100 seperti tampak pada gambar di bawah. 
     warna-3a
    warna-3b

    Sebaliknya geser slider Red ke sebelah kanan untuk membuat warna menjadi oranye dengan nilai +100 seperti tampak pada gambar di bawah.
    warna-4a
    warna-4b

  1. Klik teks Saturation dan geser slider Orange ke sebelah kanan dengan nilai +100 untuk membuat warna oranye menjadi lebih oranye. Kalau masih belum cukup, Anda juga bisa menggunakan warna yang dekat dengan oranye yaitu merah. Geser slider Red ke sebelah kanan untuk membuat warna oranye lebih kuat lagi. Saya menambahkan nilai +50 pada atribut Red seperti tampak pada gambar di bawah.
    warna-5a
    warna-5b

  2. Selanjutnya untuk membuat warna oranye lebih terang, klik pada teks Luminance dan geser slider Red dan Orange ke sebelah kanan masing-masing dengan nilai +50 seperti tampak pada gambar di bawah.
    warna-6a
    warna-6b

  3. Untuk menampilkan seluruh atribut HSL dalam satu layar maka klik teks All seperti tampak pada gambar di bawah.
    warna-18

Menggunakan Targeted Adjusment Tool

Untuk mengubah warna tertentu pada foto, Anda sudah mengetahui caranya dengan menggeser slider-slider warna yang memiliki pengaruh dan kedekatan dengan warna tersebut. Ada cara yang lebih praktis dan akurat untuk mengetahui slider warna apa saja yang berhubungan dan mempengaruhi suatu warna pada foto. Fitur tersebut dinamakan Targeted Adjustment Tool atau selanjutnya untuk mempermudah akan kita singkat dengan sebutan TAT saja.

Untuk menggunakan TAT, Anda tinggal klik warna pada foto kemudian tahan dan tarik kursor ke arah atas atau ke bawah. Bila menarik kursor ke atas berarti Anda akan mendapatkan perubahan warna yang sama dengan menggeser slider ke sebelah kanan. Sebaliknya bila menarik kursor ke bawah berarti sama dengan menggeser slider ke sebelah kiri. Untuk lebih jelasnya saya akan menggunakan TAT untuk mengubah warna pada foto di bawah.

  1. Klik ikon TAT pada pojok kiri atas di bawah teks Hue seperti tampak pada gambar di bawah.
    warna-7

  2. Klik warna merah pada lampu hias kayu kemudian tahan dan tarik kursor ke bawah untuk membuat warna menjadi pink.
    warna-8

  3. Anda bisa melihat ada dua slider yaitu Red dan Orange yang slidernya bergeser ke arah kiri. Hal ini menunjukkan bahwa warna merah pada foto mempunyai kedekatan dan dipengaruhi oleh slider Red dan Orange.
    warna-9a
    warna-9b

Sekarang Anda sudah mengetahui bahwa TAT merupakan fitur yang sangat akurat dan praktis untuk digunakan. Saya sendiri sangat menyukai fitur TAT ini sehingga hampir selalu menggunakannya ketika memperbaiki atau mengubah warna tertentu pada foto.

Menggunakan Color dan B & W

Selain HSL, Anda juga bisa memilih dan menggunakan fitur Color dan B & W. Klik teks Color pada panel HSL / Color / B & W. Pada dasarnya fitur Color mempunyai fungsi yang serupa dengan HSL tetapi dibedakan secara tampilan dan pengelompokkan atributnya. Bila pada HSL Anda memilih slider warna yang dikelompokkan dalam kategori HSL, maka sebaliknya pada Color yang dipilih adalah slider HSL yang dikelompokkan dalam kategori warna.
warna-19

Kelebihan menggunakan Color adalah Anda bisa langsung fokus untuk mengubah warna tertentu pada foto. Pada foto lampu hias kayu di bawah saya langsung menggeser slider dan mengatur nilai Hue, Saturation, dan Luminance untuk mendapatkan warna merah yang diinginkan. Kekurangan pada fitur ini adalah tidak tersedianya TAT yang merupakan fitur yang sangat penting.
 warna-20

Fitur B & W atau Black & White secara otomatis membuat warna foto menjadi hitam putih bila dipilih. Anda hanya bisa mengatur warna menjadi lebih terang atau gelap. Karena semua warna sudah dikonversi menjadi hitam putih maka besar kemungkinan Anda sudah lupa dengan warna foto sebelumnya. Beruntungnya fitur TAT tersedia dan akan sangat membantu Anda dalam mengenali warna foto yang sesungguhnya sebelum dikonversi menjadi hitam putih.
warna-21

Misalnya Anda ingin menggelapkan langit pada foto maka klik TAT pada langit kemudian tahan dan tarik ke bawah untuk membuat langit lebih gelap. TAT akan mengenali warna biru secara otomatis dan menggeser slider Blue ke sebelah kiri.
warna-22

Memperbaiki dan Mengubah Warna Tertentu pada Foto

Sekarang Anda sudah tahu cara menggunakan slider HSL dan TAT untuk memperbaiki dan mengubah warna tertentu pada foto. Saya akan menunjukkan cara pengeditan warna foto dari awal untuk membuat foto tampak lebih menarik.

  1. Gunakan TAT dan tarik kursor ke bawah untuk membuat warna foto menjadi lebih merah, tetapi jangan berlebihan untuk menghindari warna malah berubah menjadi pink. Tujuan kita di sini hanya untuk memperbaiki warna foto bukan untuk mengubah warna yang malah akan membuat foto terlihat norak atau lebay.
    warna-10

  2. Untuk membuat lampu hias kayu menjadi fokus utama pada foto maka warna langit dan pepohonan di belakangnya harus dibuat menjadi lebih pudar. Gunakan TAT pada Saturation dan tarik kursor ke bawah untuk melakukan hal tersebut.
    warna-11

  3. Selanjutnya buat langit agar menjadi lebih gelap dengan menggunakan TAT pada Luminance. Awan pada foto sekarang terlihat lebih jelas tapi warnanya berubah menjadi tosca sehingga terlihat kurang natural.
    warna-12

  4. Untuk memperbaiki warna awan maka gunakan lagi TAT pada Hue dan klik pada langit serta tarik kursor ke atas. Sekarang warna langit sudah terlihat lebih natural dibandingkan sebelumnya. Menggunakan HSL sebenarnya salah satu teknik yang paling efektif untuk memperbaiki warna langit dan membuatnya lebih biru selain menggunakan Gradient Filter. (Baca: Tip Membuat Langit Lebih Biru pada Foto)
    warna-13

  5. Sekarang perhatikan warna foto setelah diedit jauh lebih menarik dibandingkan sebelumnya. (Baca: Membandingkan Foto Sebelum dan Setelah Diedit)
    warna-14

  6. Bila Anda merasa langit dan pepohonan di belakang lampu hias kayu masih cukup mengganggu fokus utama maka coba dengan mengubah warnanya menjadi hitam putih. Pada Saturation cobalah untuk menggeser semua slider selain Red dan Orange ke sebelah kiri dengan nilai -100. Sekarang semua warna background sudah menjadi hitam putih kecuali bangunan yang juga memiliki warna merah atau oranye.
    warna-15

  7. Klik ikon Brush seperti tampak pada gambar di bawah dan pada Effect geserlah slider Saturation ke sebelah kiri dengan nilai -100. Arahkan kursor ke semua objek dengan warna merah selain lampu hias kayu.
    warna-16

  8. Sekarang hanya tinggal lampu hias kayu yang memiliki warna dan menjadi fokus utama pada foto.
    warna-17

RelatedPost