Komposisi Fotografi

20 Panduan Komposisi Fotografi yang Perlu Anda Ketahui (1)

9. Memenuhi Frame
Memenuhi frame dengan subjek utama dan meninggalkan sedikit ruang atau tidak sama sekali di sekitarnya, bisa menjadi cara yang efektif agar pengamat benar-benar fokus pada subjek utama tanpa adanya distraksi. Selain itu, cara ini membuat mata kita bisa mengeksplorasi detail dari subjek utama dengan leluasa, yang tentunya tidak bisa dilakukan bila subjek dipotret dari jauh dengan ukuran yang kecil pada frame.


Pada foto singa di bawah, Anda akan melihat frame diisi sepenuhnya dengan wajah singa. Hal ini membuat mata kita benar-benar fokus pada detail foto seperti mata atau tekstur di bulunya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Foto Katedral Notre Dame di Paris menunjukkan sangat sedikit ruang yang ditinggalkan di sekitar bangunan. Tujuannya adalah agar pengamat bisa memfokuskan perhatiannya pada detail infrastruktur di bagian depan bangunan.

composition-9b

 

10. Memanfaatkan Ruang Negatif
Ruang negatif merupakan bagian-bagian gambar yang kosong atau “non-subjek” yang pada umumnya berupa latar belakang. Dalam situasi tertentu, ruang negatif yang luas memungkinkan subjek hingga pengamat untuk “bernapas” dan memberikan rasa megah.

Sekali lagi, saya akan menyampaikan hal yang benar-benar bertentangan dengan panduan sebelumnya. Bila sebelumnya saya memberitahukan Anda untuk memenuhi frame dengan subjek utama, sekarang saya akan berkata sebaliknya. Memanfaatkan ruang negatif atau kosong juga akan membuat subjek menjadi sangat menarik. Seperti komposisi memenuhi frame, hal tersebut juga membantu pengamat tetap fokus pada subjek utama dengan syarat menggunakan latar belakang yang sederhana pada ruang negatif.

Foto sebuah patung raksasa dari dewa Siwa di Mauritius adalah contoh yang tepat dalam memanfaatkan ruang negatif. Patung tersebut terlihat sangat jelas sebagai subjek utama dengan hanya memanfaatkan langit untuk mengisi ruang negatif di sekitarnya. Hal ini berfungsi selain untuk memfokuskan perhatian pengamat pada patung itu sendiri juga membangun rasa megah patung yang berdiri menjulang ke atas langit yang luas. Penempatan patung pada frame juga menggunakan komposisi rule of thirds.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Saya akan membahas 10 komposisi fotografi lainnya pada artikel selanjutnya. Jadi pastikan Anda melakukan LIKE pada Facebook page Mahir Fotografi agar selalu mendapatkan notifikasi tentang tip dan tutorial fotografi terbaru.
*Semua foto yang digunakan dalam artikel ini dipublikasikan atas seizin Barry O Carroll