Komposisi Fotografi

20 Panduan Komposisi Fotografi yang Perlu Anda Ketahui (1)

3. Figur dan Latar
Impresi akan kedalaman sangat penting bagi pengaruh yang ingin diberikan oleh banyak gambar, membuat gambar terkesan nyata sehingga kita bisa terhubung dengan gambar tersebut. Foto pada dasarnya hanya memiliki dua dimensi. Namun, kita bisa membangun perspektif menampilkan tiga dimensi di atas permukaaan dua dimensi dengan menambah kedalaman.


Pada gambar di bawah, bebatuan pada bagian depan menciptakan jarak yang memisahkannya dengan air terjun sebagai latar belakang. Hal ini akan membangun perspektif tiga dimensi yang membuat foto terlihat lebih menarik.

composition-3acomposition-3b

Kita cenderung memisahkan keseluruhan figur atau subjek utama dari latar belakangnya berdasarkan variabel-variabel seperti kontras, ketajaman, warna, ukuran, dan sebagainya. Teknik fotografi yang sering digunakan misalnya dengan menjadikan latar belakang buram atau sering dikenal dengan istilah bokeh. (Baca: Tip Membuat Bokeh Lebih Menarik pada Foto)


4. Frame di dalam Frame
Menggunakan frame di dalam frame merupakan cara lain yang cukup efektif untuk menampilkan kedalaman pada gambar. Elemen seperti jendela dan gerbang sangat umum digunakan sebagai frame. Namun frame tidak harus selalu memenuhi keempat sisi pinggiran gambar agar efektif. Anda misalnya bisa menggunakan ranting pepohonan sebagai frame.


Foto Saint Mark Square di Venesia berikut menggunakan gerbang sebagai frame untuk menampilkan kedalaman dan membangun perspektif tiga dimensi.

composition-4a

Foto di bawah menggunakan pohon dan rantingnya sebagai frame. Walaupun hanya membingkai sisi atas dan kanan gambar, tetapi penggunaan pohon tersebut sebagai frame tetap efektif dalam menampilkan kedalaman gambar.

composition-4b