Menggunakan Virtual Copy

Menggunakan Virtual Copy dalam Mengedit Foto

Anda sudah mengetahui tentang bagaimana caranya membandingkan foto sebelum dan setelah diedit. (Baca: Membandingkan Foto Sebelum dan Setelah Diedit). Bagaimana bila Anda ingin membandingkan beberapa hasil editan sekaligus untuk suatu foto dalam satu layar?

Misalnya Anda ingin memilih white balance yang paling cocok untuk suatu foto dengan cara menampilkan dan membandingkan beberapa foto dengan pilihan white balance dalam satu layar. Karena ada enam pilihan white balance yang tersedia maka Anda ingin menampilkan keenam pilihan white balance tersebut untuk suatu foto. Tentu saja Anda bisa menduplikasi (copy) foto tersebut sebanyak enam kali. Akan tetapi itu berarti akan menghabiskan kapasitas hard disk dan sangatlah tidak praktis.

Nah, untungnya pada Lightroom Anda bisa menggunakan fitur Virtual Copy, yang hanya menduplikasi foto secara virtual tanpa menggunakan dan menghabiskan kapasitas hard disk. Tentu saja Anda bisa membuat virtual copy sebanyak mungkin sesuai dengan yang dibutuhkan.

Membuat dan Menggunakan Virtual Copy

  1. Klik kanan pada foto dan pilih Create Virtual Copy seperti tampak pada gambar atau gunakan tombol Command+’ (tanda petik) (PC: Ctrl+’) pada keyboard.
    virtualcopy-1

  2. Lightroom akan membuat virtual copy yang merupakan hasil duplikasi secara virtual dari foto aslinya. Foto yang merupakan virtual copy akan ditandai seperti lipatan pada pojok kiri bawah foto seperti tampak pada gambar di bawah.
    virtualcopy-2

  3. Sekarang Anda bisa mengedit virtual copy yang telah dibuat. Misalnya saya ingin mengubah white balance menjadi Daylight, maka pada modul Library dan panel Quick Develop pilih white balance Daylight. Sekarang warna foto pada virtual copy terlihat lebih hangat.
    virtualcopy-3

  4. Anda bisa mencoba menggunakan white balance lainnya yang tersedia. Buatlah beberapa virtual copy lagi dan ubah white balance-nya. Anda juga bisa membuat dan menduplikasi virtual copy dari virtual copy lainnya.
    virtualcopy-4

  5. Misalkan Anda membuat dua virtual copy lagi dengan white balance Cloudy dan Tungsten. Sekarang berarti Anda mempunyai satu foto asli dengan white balance Auto dan tiga virtual copy dengan white balance Daylight, Cloudy dan Tungsten. Sekarang pilih keempatnya dan tekan tombol N pada keyboard untuk masuk ke menu Survey (Baca: Menyortir Foto Menggunakan Fitur Survey dan Compare). Anda bisa melihat empat foto dengan white balance berbeda ditampilkan dalam satu layar seperti tampak pada gambar di bawah. Pilih virtual copy dengan white balance yang Anda sukai dan hapus yang lainnya. Saya hanya memberikan contoh bagaimana menggunakan virtual copy dalam memilih white balance, tentu saja Anda bisa menggunakan virtual copy dalam mengedit foto menggunakan semua fitur yang tersedia pada Lightroom.
    virtualcopy-5

Related Post