Mempublikasikan Foto

Mempublikasikan Foto ke Media Sosial dengan 1 Klik

Mempublikasikan foto ke media sosial dengan 1 klik, kedengarannya menarik bukan? Apakah benar ada cara seperti itu? Tentu saja ada dan saya tidak sedang bercanda dengan Anda. Bila Anda termasuk orang yang sering mempublikasikan atau upload foto ke media sosial seperti Facebook atau Flickr secara reguler maka ada cara untuk mengotomatisasi dan mempermudah proses tersebut dengan 1 klik.

Lightroom dikenal dengan kemampuannya dalam mengorganisasi dan mengedit foto yang sangat canggih. (Baca: 10 Alasan Menggunakan Lightroom) Tetapi mungkin belum banyak yang tahu tentang kemampuan Lightroom dalam mengorganisasi foto yang akan dan sudah di-upload ke media sosial. Fitur ini dinamakan Publish Services dan memiliki fungsi seperti fitur ekspor foto yang dilengkapi dengan kemampuan upload foto ke media sosial.

Bayangkan seperti ini, biasanya ketika menggunakan Lightroom Anda mengimpor foto terlebih dahulu, melakukan pengeditan, mengekspor foto ke hard disk dan kemudian mempublikasikan foto atau upload foto ke media sosial seperti Facebook atau Flickr. Fitur Publish Services menyederhanakan proses ini dan Anda hanya perlu mengklik tombol Publish untuk melakukan semua hal tersebut. Selain itu, tentunya Anda tetap bisa mengorganisasi dan memantau semua foto yang telah di-upload dan dipublikasikan ke media sosial. Dengan demikian semua foto Anda terorganisasi dan terintegrasi dengan baik mulai dari impor foto, proses pengeditan dan publikasi hasil akhir foto.

Mengatur Konfigurasi pada Publish Services

Sebelum mempublikasi foto atau upload foto ke media sosial, pertama sekali Anda perlu mempersiapkan dan mengatur konfigurasi pada Publish Services. Pada contoh berikut saya akan menggunakan Publish Services untuk Facebook. Anda bisa melakukan hal yang kurang lebih sama untuk Flickr atau media sosial lainnya.

  1. Pada modul Library dan panel Publish Services, klik Set Up… di sebelah kanan teks Facebook seperti tampak pada gambar di bawah.
    publish-1

  2. Lightroom Publishing Manager akan ditampilkan pada layar. Isi Description pada panel Publish Services. Selanjutnya klik Authorize on Facebook pada panel Facebook Account.
    publish-2

  3. Sebelum menggunakan Publish Services Facebook, Anda perlu mengaktifkan dan mengotorisasi akun Facebook Anda. Pilih tombol OK seperti tampak pada gambar di bawah untuk membuka browser secara otomatis dan mengarahkan Anda ke halaman otorisasi akun Facebook.
    publish-3

  4. Pilih tombol Continue dan Okay untuk menghubungkan Lightroom dengan akun Facebook Anda seperti tampak pada gambar di bawah.
    publish-4 publish-5

  5. Anda bisa memilih pengaturan terkait privasi foto dan siapa saja yang bisa melihat foto yang akan di-upload dan dipublikasikan. Pilih Public agar foto Anda bisa dilihat oleh semua orang. Pilih tombol Okay untuk melanjutkan.
    publish-6

  6. Pilih tombol Okay sekali lagi untuk konfirmasi dan Anda telah berhasil menghubungkan Lightroom dengan akun Facebook Anda.
    publish-8 publish-9

  7. Sekarang Anda bisa melihat pada panel Facebook Account bahwa akun Facebook Anda sudah terotorisasi.
    publish-10

  8. Selanjutnya pada panel Facebook Album, Anda bisa memilih album yang akan menjadi tujuan upload Foto. Anda juga bisa membuat album baru dengan mengklik tombol Create New Album.
    publish-11

  9. Pada panel Facebook Title, Anda bisa menentukan caption atau judul foto apakah menggunakan Filename, IPTC Title, atau Leave Blank untuk membiarkan foto Anda tanpa judul.
    publish-12

  10. Pada panel File Naming, Anda diminta untuk memilih format penamaan foto yang diinginkan. Saya sebelumnya sudah pernah membahas tentang penamaan foto di Lightroom. (Baca: Membuat Template Penamaan Foto pada Lightroom)
    publish-13

  11. Pada panel File Settings, Anda bisa menentukan kualitas foto yang akan diekspor dan batas ukuran file foto yang akan di-upload. Selanjutnya pada Panel Image Sizing, Anda bisa membatasi besarnya foto yang akan di-upload dengan cara menentukan batas ukuran panjang dan lebar, dimensi, ukuran file, atau menggunakan persentase dari ukuran asli file foto.
    publish-14

  12. Misalkan Anda memilih Width & Height maka masukkan batas maksimal panjang dan lebar foto dalam kolom W: dan H:. Untuk mempertajam tampilan foto pada layar, centang Sharpen For: Screen pada panel Output Sharpening.
    publish-15

  13. Pada panel Metadata, pilih Copyright & Contact Info Only untuk menyertakan status copyright dan informasi tentang Anda. (Baca: Menambahkan Metadata IPTC (Copyright) pada Foto)
    publish-16

  14. Pilih format watermark yang Anda buat pada panel Watermarking. Saya sudah pernah membahas tentang bagaimana caranya membuat watermark Anda sendiri. (Baca: Menambahkan Watermark pada Foto secara Otomatis)
    publish-17

  15. Pilih tombol Save dan album yang Anda pilih akan ditampilkan di bawah teks Facebook pada panel Publish Services.
    publish-18

Mempublikasikan Foto ke Akun Facebook

  1. Sekarang pilih foto-foto yang ingin Anda upload dan publikasikan ke Facebook. Tarik foto dan arahkan kursor pada album Facebook yang sudah disiapkan sebelumnya di panel Publish Services seperti tampak pada gambar di bawah.
    publish-19

  2. Klik pada album Facebook dan Anda akan melihat foto-foto yang siap untuk di-upload dan dipublikasikan ke akun Facebook Anda di bawah panel New Photos to Publish. Selanjutnya klik tombol Publish di pojok kanan atas layar seperti tampak pada gambar di bawah.
    publish-20

  3. Dengan 1 klik pada tombol Publish maka semua foto yang sudah disiapkan akan di-upload dan dipublikasikan secara otomatis ke akun Facebook Anda. Nama file foto dan watermark juga akan diaktifkan dan ditampilkan secara otomatis.
    publish-21

  4. Simpan dulu ketakjuban Anda untuk sementara karena ada hal lain lagi yang cukup keren pada fitur ini. Anda bisa melihat jumlah orang yang menyukai atau like foto Anda dan semua komentar terkait foto tersebut pada panel Comments. Tekan ikon refresh di sebelah kiri Comments untuk mendapatkan jumlah like dan komentar terbaru.
    publish-22 publish-23

  5. Anda bahkan bisa membalas dan menuliskan komentar di Facebook melalui fitur Lightroom tersebut pada panel Comments. Keren bukan?
    publish-24 publish-25

  6. Setelah foto dipublikasikan ke Facebook, Anda mungkin ingin melakukan beberapa penyesuaian dengan melakukan pengeditan foto kembali. Misalnya Anda mengubah warna foto menjadi hitam putih.
    publish-42

  7. Pada saat klik album Facebook pada panel Publish Services maka foto tersebut akan dimasukkan dalam panel Modified Photos to Re-Publish. Anda tidak perlu melakukan apa pun bila memang tidak mau melakukan upload dan publikasi ulang.
    publish-43

  8. Bila Anda menekan tombol Publish maka foto dengan pengeditan terbaru akan di-upload dan dipublikasi dengan membuat foto baru tanpa menyentuh foto yang lama. Ke depan saya berharap Lightroom bisa langsung mengganti foto yang lama dengan yang baru sehingga hanya ada satu foto yang di-upload dan dipublikasikan ketika kita mengubah foto. Namun untuk saat ini hal tersebut belum bisa dilakukan.
     publish-49

Mempublikasikan Foto ke Facebook Page

Anda bisa menggunakan cara yang sama bila ingin mempublikasikan foto ke Facebook Page. Sayangnya fitur ini untuk sekarang masih belum bisa untuk upload dan mempublikasikan foto ke Facebook Group. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mempublikasikan foto ke Facebook Page.

  1. Klik kanan pada teks Facebook di panel Publish Services dan pilih Create Another Publish Service via “Facebook”…
    publish-44

  2. Pada panel Facebook Album, pilih Non-user Album. Selanjutnya pilih album yang menjadi tujuan upload foto Anda atau pilih Timeline Photos (Nama Facebook Page) bila ingin upload foto tanpa menggunakan album. Pengaturan konfigurasi lainnya sama dengan pengaturan untuk akun Facebook.
    publish-45

  3. Lightroom akan menambahkan Facebook: Nama Facebook Page pada panel Publish Services. Anda juga bisa menggunakan cara yang sama untuk menambahkan setiap album dari akun Facebook. Tarik foto dan arahkan kursor pada Timeline Photos atau album yang telah disiapkan.
    publish-46

  4. Pilih tombol Publish untuk upload dan mempublikasikan foto pada Facebook Page Anda.
    publish-47

  5. Foto yang berhasil dipublikasikan akan ditampilkan di Facebook Page Anda. Sebagai contoh, saya mempublikasikan foto kupu-kupu pada Facebook Page Mahir Fotografi seperti tampak pada foto di bawah.
    publish-48

Related Post